Jumat, 14 Maret 2014

Indahnya Karang-karang di Tanjung Layar


 
 Jika mendengar kata pantai, tentu kita sudah membayangkan hamparan pasir dan deburan ombak yang menerjang pasir. Namun tidak dengan pantai Tanjung Layar ini, karena pagi itu saat saya dan teman-teman berkunjung ke sana tak ada ombak yang menghempas ke hamparan pasir.  Tapi ombak dari tengah laut tersebut menerjang karang-karang yang ada bibir pantai.
  


 

 

Pagi itu, banyak pengunjung yang berjalan-jalan bahkan berpose di atas karang-karang tersebut.  Sebagian dari mereka, terutama anak-anak kecil bahkan banyak yang bermain di antara kubangan di tengah-tengah karang tersebut. Airnya jernih memang. Selain itu karang-karang tersebut tidak tajam, jadi tidak perlu takut saat menginjakkan kaki di antara karang-karang tersebut. Namun kita tetap harus hati-hati, karena beberapa bagian karang tersebut licin karena lumut. 

    

Yang asyik lagi, karang-karang yang terisi air karena terhubung langsung dengan laut tersebut, juga dihuni oleh beberapa spesies laut. Berbagai macam, yang jelas ada ikan-ikan kecil yang berwarna-warni.  Satu lagi. Kenapa Pantai itu diberi nama Tanjung Layar. Karena begitu kita melewati gapuro Selamat Datang yang ada di pantai tersebut, kita bisa menyaksikan tebing tinggi di antara karang-karang tersebut, mungkin tingginya sampai 20 meter.

Sisi-sisinya yang curam, tampaknya memikat pengunjung untuk memanjat tebing tersebut. Namun karena dinilai berbahaya, baik di pantai atau di sisi tebing tersebut terpasang tulisan larangan “Dilarang Memanjat Tebing”. Namun tampaknya wisata di pantai ini lebih baik pagi. Karena menjelang siang saat air laut pasang, karang-karang tersebut tertutup oleh air laut.

                Pantai Tanjung Layar ini adalah salah satu pantai di Desa Sawarna, Lebak, Banten.  Selain pantai Tanjung Layar yang dipenuhi dengan Karang, di Sawarna ada pantai yang indah dengan pasir putih yang membentang. Di Pantai Pasir Putih ini kita bisa menikmati Sunset di sore hari.

  

Meski perjalanan untuk mencapai Desa Sawarna ini cukup jauh. Namun apa yang disajikan di sini tak pernah membuat pengunjungnya menyesal telah menempuh perjalanan jauh.  Selain itu, saat ini masyarakat setempat juga telah mengelola potensi di Desa ini dengan baik. Sehingga berbagai fasilitas juga telah disiapkan di sana.  Tidak perlu khawatir soal penginapan, di sepanjang jalan Desa menuju pantai tersebut hampir semuanya dikelola masyarakat menjadi penginapan. Harganya pun terjangkau, fasilitasnya juga tidak mengecewakan.  Mari yang mau mencoba menikmati keindahan di ujung Banten



 
Kubangan di sela-sela karang. 
Sesekali Ikan-ikan kecil muncul dari balik karang.

Bentuk Karang di Tanjung Layar yang indah






2 komentar: