Minggu, 02 November 2014

Ayo Satu Langkah Lagi..

"Ayo satu langkah lagi...satu langkah lagi.” Dan aku masih tertunduk. Beban di pundakku terasa sangat berat... capek, langkahku sudah terasa sangat berat. Aku masih saja tertunduk. Mataku tertuju pada ujung sepatu berwarna hijau yang sudah berganti warna cokelat. ”Ayo..tambah satu langkah lagi,” aku berkata pada diriku sendiri. Aku memang tidak ingin berhenti. Aku ingin segera sampai di Cisentor, Pos Pendakian sebelum puncak Gunung Argopuro.

Hari ini adalah hari ketiga pendakian kami, dan fisik kami sudah mulai terkuras. Aku sangat berharap hari ini kami sudah bisa berada di puncak Argopuro. Jadi meski tubuh lelah, aku terus memberikan kekuatan kepada tubuhku sendiri. Aku terus berkata dalam hati.”Ayo tambah satu langkah lagi...bagus..tambah satu lagi...” begitu terus kulakukan untuk mendapatkan kekuatan itu.
Hingga sampai akhirnya kami sampai di Cisentor saat matahari mulai tinggi. Mendapati tempat itu, rasanya kekuatanku kembali diperbaharui. Harapan berada di Puncak Argopuro hari ini tampaknya terwujud. Tepat sekali, kami sampai di Puncak Argopuro jam 3 sore hari....lega rasanya...perjalanan panjang ini terbayar di Puncak Argopuro.

Keenggan yang dilawan, memotivasi diri sendiri untuk terus melangkah, lebih menikmati bintang dari pada terus memikirkan jalan terjal yang sedang di lewati. Itu yang membuat aku tetap menikmati setiap pendakianku. Aku suka berkata-kata dengan diri ku sendiri saat berada di gunung. Hihi
Tak hanya itu, aku selalu mengagumi megahnya karya Tuhan ini setiap kali aku mendaki Gunung. Meski sebenarnya itu bukan pertama kali aku berada di tempat itu. Titik pertama yang membuat aku terkagum adalah Sabana Gunung Merbabu. Kesempatan mengagumi Sabana Merbabu dan ke kagumanku karena bisa berada di atas awan ini aku dapatkan pada pendakian pertamaku bersama teman-teman pecinta alam di SMAN 1 Klaten, EMAPAL tahun 1999 lalu. Ya, kesempatan pertama mendaki Gunung itu sudah sekitar 15 tahun yang lalu...dan candunya masih terasa hingga sekarang.

Pendakian Pertamaku di Gunung Merbabu

Setelah pendakian itu, aku pernah mendaki Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Argopuro. Beberapa Gunung seperti Lawu, Merapi dan Merbabu aku daki sudah berkali-kali. Tepatnya berapa kali, aku lupa. Tapi setiap mendaki aku masih tetap terkagum-kagum...hihi...
Tahun ini aku kembali punya kesempatan ke Puncak Lawu. Ya aku masih terkagum-kagum dengan pemandangan di Puncak, Argodumilah. Ada semacam kawah di puncak, yang entah dulu aku lupa mengaguminya atau bagaimana. Tapi pada pendakian kemarin aku terkagum-kagum dengan keindahannya...

Pendakian di Gunung Lawu. Mungkin tahun 2000

Selain Lawu, tahun ini aku juga mendaki ke Gunung Ijen di Banyuwangi Jawa Timur. Medannya memang lebih ringan dibandingkan dengan gunung-gunung yang aku sebut sebelumnya, tapi tetap saja membuat kaki pegel-pegel. Tapi pegalnya sungguh-sungguh terbayar. Aku merasa berada di dunia yang asing saat berada di Kawah Gunung Ijen. Belerang yang menyelimuti kawasan puncak membuat kawah ini berwarna putih. Gunung yang berwarna putih!! Keren sekali...(hihi...masih terkagum-kagum)

Ini Puncak Lawu yang ku Kagumi.

Ini Kawah Ijen..yang putih..putih dan putih...

Ya perjalanan memberikan kepadaku banyak sekali kesempatan. Kesempatan untuk bersyukur. Kesempatan untuk belajar. Dan kakiku masih ingin terus melangkah...berjalan dan belajar...

Pendakian Gunung Sumbing...pose dulu di Kawahnya.

Pelantikan anggota Penuh Mahafisippa di Pasar Bubrah Gunung Merapi..hore syal Pink!!