Sabtu, 25 Oktober 2014

NIKMATI SNORKLING DI AIR TAWAR

  


Snorkling di air tawar ternyata tidak kalah seru dengan snorkeling di lautan lepas atau di pantai. Snorkling di air tawar ini bisa dilakukan di Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Saat cuaca panas seperti ini, sekedar berendam, berenang atau snorkling di Umbul Ponggok adalah pilihan yang cerdas, karena air di Umbul Ponggok ini sangat dingin. Bahkan saat matahari sangat terik.



Snorkling di air tawar mungkin terlihat aneh. Namun Umbul Ponggok ini kini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin bersnorkling ria. Di hari biasa Umbul Ponggok dikunjungi 300-400 orang, sementara di hari sabtu dan minggu pengunjung di Umbul Ponggok bisa mencapai 1.800 orang. ”Umbul ini mulai ramai sejak bulan Juni itu. Sejak setengah tahun yang lalu, kami pengelola Umbul Ponggok menyewakan peralatan snorkling dan juga diving,” ungkap Endang, salah satu pengelola Badan Usaha Milik Desa Ponggok.

 

Ide menyelam dan snorkling di Umbul ini berawal, sejak tempat ini sering digunakan untuk pelatihan menyelam oleh beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Selam UGM dan Atmajaya Jogja, serta Tim Search and Resque (SAR) yang berada di wilayah Eks_Karesidenan Surakarta. Latihan menyelam ini sudah dilakukan dalam tiga-empat tahun terakhir ini. Sementara pengunjung mulai banyak melakukan snorkling sejak tahun lalu. Hal ini tak luput dari peran media sosial. Karena banyak yang kemudian mengunggah foto-foto underwater mereka ke media sosial.

 
 Mahasiswa dari UGM sedang mengadakan latihan di Umbul Ponggok

Dengan banyaknya pengunjung yang tertarik melakukan snorkling di tempat tersebut, akhirnya Pemerintah Desa Ponggok mulai menyewakan peralatan-peralatan menyelam dan snorkling. Mereka membeli alat-alat selam tersebut di Diving Center di Jogja. Adanya fasilitas tersebut, Umbul Ponggok bertambah ramai. Hal tersebut yang kemudian juga membuat para pemilik warung di Umbul tersebut ikut menyewakan alat menyelam. Bahkan selain peralatan menyelam dan snorkling, mereka juga menyewakan peralatan-peralatan yang bisa digunakan untuk narsis didalam air. Seperti contohnya tenda dome, televisi dan stick PS, Sepeda dan lain sebagaiya. Dengan berbagai fasilitas ini, pengunjung bisa bebas berekpresi  di dalam air. Selain itu pengunjung juga diperbolehkan membawa properti sendiri dari rumah. Lokasi ini juga sering digunakan untuk sesi foto pre-wedding.

 

Casing/housing dipersiapkan sebelum melakukan foto-foto dibawah air. Pengelola Umbul Ponggok juga membuka jasa penyewaan Housing dan juga kamera underwater.
 
 
 Seorang wisatawan berfoto-foto underwater di Umbul Ponggok


Air di Umbul Ponggok selain dingin, segar juga selalu bersih. Air di Umbul ini berasal dari sumbermata air yang juga berada di kolam tersebut. Selain dijugakan untuk wisata umbul ini. Air yang ada di Umbul Ponggok ini juga di terus dialirkan menuju sungai dan digunakan untuk pertanian dan perikanan warga sekitar. Karena selalu mengalir ini air di Umbul ini selalu bersih dan segar. Luas Umbul Ponggok ini sekitar 6.000 meter persegi dengan kedalaman antara 1,5-3 meter.  Dasar kolam adalah campuran pasir dan batu kerikil. Di Umbul ini terdapat banyak ikan dengan berbagai ukuran, bahkan ada yang hingga 10 kilogram. Selain bisa berenang bersama ikan, ikan-ikan tersebut juga menjadi objek yang menarik untuk foto-foto.  Namun ikan tersebut tidak boleh untuk di pancing. Ikan-ikan ini sengaja di tebar oleh pengeolala. Jika nilai jumlah ikan berkurang, pengelola akan kembali menebar ikan di umbul tersebut.

 
 Berbagai jenis ikan ada di Umbul Ponggok. Pengunjung dilarang memancing ikan yang ada di Umbul ponggok

Umbul Ponggok bisa dicapai dari jalan Solo-Jogja. Saat sudah berada di Jalan Jogja-Solo, tepatnya di Delanggu, ambil arah menuju barat, atau kalau dari arah solo belok ke kanan, dari arah Jogja belok ke kiri.  Dari Solo Umbul Ponggok bisa dicapai dalam waktu satu jam. Tapi harus menggunakan transpotasi pribadi, karena tidak ada kendaraan umum menju Umbul Ponggok.


Biaya Masuk Rp 5.000
Sewa:
Snorkel Rp 10.000
Fin Rp 5.000
Pelampung Rp 5.000
Kamera Under Water (Free Jasa Pemotretan) Rp 60.000-Rp 100.000
Properti(Sepeda, Televisi dan Stick PS, Kursi) Rp 100.000


bisa juga baca di: 
http://www.jakpost.travel/news/unique-snorkeling-experience-in-klatens-freshwater-pond--rAPkcUfBuMyisg1E.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar